Selasa, 26 Februari 2013

Ini Cara Cegah Berat Badan Naik Berlebih Selama Hamil

Banyak perempuan yang jadi makan berlebih selama hamil, padahal kondisi ini dapat memicu obesitas yang justru membahayakan dirinya dan juga janin di dalam kandungan. Berikut ini cara mencegah berat badan berlebih selama hamil.

Sebelum dan selama kehamilan, perempuan harus menjaga berat badannya agar tidak berlebih dan menjadi obesitas. Ibu hamil yang mengalami obesitas berisiko lebih besar mengalami komplikasi saat proses persalinan.

Serta obesitas ini cenderung membuat anak yang dikandung lahir dengan berat badan berlebih dan lebih banyak lemak yang nantinya meningkatkan risiko obesitas serta penyakit kronis di kemudian hari.

Beberapa faktor turut mempengaruhi timbulnya obesitas selama kehamilan, salah satunya faktor prenatal yang meliputi pola makan ibu, kenaikan berat badan dan gangguan metabolik selama hamil, seperti dikutip dari MedIndia, Selasa (26/2/2013).

Setelah melahirkan, pola makan, aktivitas dan gaya hidup keluarga juga turut menentukan risiko kesehatan jangka panjang. Untuk itu pemikiran makan untuk berdua (eat for two) baik saat hamil atau menyusui tidak disarankan, karena cenderung memicu makan berlebihan.

Untuk itu data seorang perempuan harus dilengkapi dengan ukuran komposisi tubuh, metabolisme dan kondisi endokrin atau hormon di dalam tubuh, sehingga bisa memberikan saran gizi yang lebih ditargetkan, terutama pada perempuan yang sudah obesitas sebelum hamil.


Hal ini sangat penting dalam mencegah berkembangnya massa lemak berlebih bagi ibu itu sendiri dan kesehatan bayi di masa depan. Kesimpulan ini didapatkan dari hasil lokakarya yang diselenggarakan oleh International Life Sciences Institute (ILSI) Europe.

Pada kenyataannya, seseorang hanya membutuhkan tambahan sekitar 300 kalori per hari agar bisa memenuhi kebutuhan gizi bayi yang belum lahir. Ibu hamil perlu memilih makanan yang cermat agar asupan kalori ini tidak berlebihan.

Jika ingin mencegah obesitas, sebagian besar pola makan ibu hamil sebaiknya mengandung makanan padat gizi seperti daging tanpa lemak, ikan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, telur dan biji-bijian. Serta makannya dalam porsi kecil namun frekuensinya sering.

Namun umumnya ibu hamil sulit berhenti mengunyah, untuk cemilannya bisa mengonsumsi makanan sehat seperti yoghurt dengan buah segar, kacang dengan kismis, buah segar, baby wortel, keju dan cracker gandum, serta telur rebus.

Ibu hamil bisa membawa makanan ringan sehat ini ketika bepergian keluar rumah, sehingga tidak tergoda membeli makanan yang dijual di pinggir jalan atau fast food.
http://health.detik.com/read/2013/02/26/102715/2179733/1299/ini-cara-cegah-berat-badan-naik-berlebih-selama-hamil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar