Selasa, 26 Februari 2013

Ibu Hamil yang Obesitas Bisa Pengaruhi Perkembangan Otak Janin


Ibu hamil yang mengalami kegemukan atau obesitas telah dikaitkan dengan berbagai risiko kehamilan dan cacat lahir pada bayi. Bahkan studi terbaru menunjukkan bahwa hal ini juga berpengaruh terhadap terhambatnya perkembangan otak janin.

Studi terbaru yang dilakukan oleh Mother Infant Research Institute (MIRI) di Tufts Medical Center di Boston, menunjukkan bahwa ibu hamil yang obesitas menjadi alasan perkembangan yang abnormal pada otak janin pada awal trimester kedua kehamilan.

Penelitian tersebut melibatkan 16 wanita hamil yang dikelompokkan berdasarkan gemuk dan kurus. Peneliti menemukan bahwa janin dari kehamilan wanita gemuk cenderung mengalami hambatan dalam proses apoptosis. Apoptosis merupakan proses alami pembentukan otak yang sangat penting untuk perkembangan janin.

"Wanita gemuk yang memiliki anak yang juga gemuk tidak terlalu mengejutkan, tetapi mungkin akan mengejutkan jika hal tersebut berpengaruh besar terhadap perkembangan otak anak," kata Dr. Andrea Edlow, penulis utama studi tersebut.

Wanita yang telah mengalami kegemukan sejak sebelum konsepsi atau pembuahan memiliki risiko yang lebih besar terhadap terhambatnya perkembangan otak janin pada awal trimester kedua kehamilan. Hal ini dapat meningkatkan risiko anak terhadap kelainan perkembangan saraf pasca kelahiran seperti autisme.

Namun, masih terlalu dini untuk mengetahui dengan pasti implikasi dari temuan ini, meskipun telah jelas bahwa ibu hamil yang obesitas dapat berpengaruh ke perkembangan anaknya.

Studi ini bukanlah yang pertama kali mengaitkan antara obesitas saat hamil berkaitan dengan perkembangan bayi. Pada tahun 2009, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Newcastle University dan dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa ibu hamil yang obesitas ibu lebih mungkin memiliki anak dengan cacat lahir.

Temuan tersebut dipublikasikan tanggal 15 Februari dan dipresentasikan pada Pregnancy Meeting di San Francisco, California, seperti dilansir Naturalnews, Selasa (19/2/2013).
http://health.detik.com/read/2013/02/19/143015/2174031/1299/ibu-hamil-yang-obesitas-bisa-pengaruhi-perkembangan-otak-janin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar